(current)


× Avatar

Share in

Diposting oleh : Dinkes Kab. Sumedang
Senin, 28 Mei 2018 – 11:56:33 WIB

Dibaca: 965 kali

Hipertensi Si Pembunuh Senyap

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi mendapat julukan “The Silent Killer” atau “Si Pembunuh Senyap”. Julukan itu sedikit banyak memberi gambaran bila hipertensi merupakan penyakit berbahaya dan patut diwaspadai.

Itu karena gejala hipertensi seringnya tanpa keluhan. Menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, biasanya penderita tidak mengetahui apabila dirinya telah mengidap hipertensi dan penyakitnya baru diketahui setelah terjadi komplikasi.

Perlu diketahui bahwa definisi hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90mmHg pada dua kali pengukuran dalam selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang.

Lalu apa saja gejala-gejala hipertensi? Disebutkan gejalanya dapat bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Yaitu seperti sakit kepala (vertigo), rasa berat di tengkuk, jantung berdebar-debar, mudah lelah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), dan mimisan.

@: Indonesiabaik.id

Berita Terbaru
  • SKDR EWARS
    Sauyunan
    Portal Perencanaan Terintegrasi (PPT)
    Aspak
    E-Renggar
    Stbm Smart
    Siha
    E-Surat
    Website Dinkes
    Komdat. Versi Puskesmas
    Komdat Kab.
    E-Puskesmas
    Sikda Generik
    SIHEPI
    Syncore
    Renbut
    Sismontepra
    Kesling(PKKL)
    P-Care
    Sismal
    SiRUP LKPP
  • Bagaimana kualitas informasi pada website ini?

    Sangat Baik

    Baik

    Cukup

    Kurang

    Kurang Sekali