(current)


× Avatar

Share in

Diposting oleh : Dinkes Kab. Sumedang
Jumat, 29 Desember 2017 – 12:52:05 WIB

Dibaca: 998 kali

Sejarah Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang

Pada tahun 1920 di Kabupaten Sumedang berdiri Rumah Sakit Zendin dan direkturnya merangkap menjadi dokter rumah sakit yaitu Dokter Laimena. Rumah Sakit tersebut berlokasi di jalan Prabu Geusan Ulun.

Sedangkan pada tahun 1932 tentara Hindia Belanda membangun sebuah Rumah Sakit sederhana yang dicat hitam, dan dikenal dengansebutan Rumah Sakit Hideung yang berlokasi di Lingkungan Ciuyah dan sekarang dibangun KantorDinasPekerjaan Umum Kabupaten Sumedang. Penanggung jawab Rumah Sakit Hideung adalah seorang mantri yang bernama Mantri Aa, ini dikarenakan pada waktu itu tentara Hindia Belanda dibubarkan dan dokter militernya dipindahkan.

Sejak itu pula didatangkan dokter dari Kota Bandung yang bernama Dokter Badron. Karena kesibukannya Dokter Badron pada saat itu hanya dapat melaksanakan pekerjaannya 2 (dua) kali dalam seminggu.

Pada tahun 1934 Dokter Badron diberhentikan sebagai dokter Rumah Sakit Hideung dan penggantinya Regenachep mengangkat Dokter Djunaedi sebagai dokter pemerintah yang diperbantukan.  Pada tahun 1945 Rumah Sakit Hideung mendapat bantuan seorang dokter yaitu Dokter Sanusi Ghalib.

Pada tahun 1944 tentara Jepang mendirikan rumah sakit baru di Sayuran (tempat rumah sakit sekarang yang berlokasi di Jalan Palasari Sumedang). Rumah Sakit pada saat itu selain melayani pasien yang dirawat juga berfungsi ganda sebagai Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Pada tahun 1953 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang memiliki kantor sendiri dan sebagai kepala dinasnya yaitu Dr. M. Djunaedi sedangkan kepala Rumah Sakit Umum kabupaten Sumedang dipegang oleh Dr. Sanusi Ghalib.

Pada tahun 1962 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dr. M. Djunaedi pensiun dan jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang sementara dipegang oleh Dr. Adjidarmo. Tidak berapa lama yakni pada tahun itu juga pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang diserah terimakan dan dirangkap oleh Dr. Sanusi Ghalib selaku Pimpinan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sumedang.

Pada tahun 1963 pimpinan diserahterimakan ke Dr. Soenali Sahartapradja. Pada tahun 1964 Dr. Soenali Sahartapradja pindah tugas ke Departemen Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta dan pimpinan diserahkan ke Dr Arifin Karnadipradja.

Pada tahun 1973 pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan pimpinan Rumah Sakit Umum diganti oleh Dr. Noerony Hidayat. Rumah Sakit Umum Kabupaten Sumedang yang semula Type D beralih status menjadi Type C, maka struktur organisasi yang semula Rumah Sakit Umum sebagai UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) sekarang menjadi terpisah dari Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang tepatnya pada bulan Desember 1987.

Konsekwensi dari terpisahnya Struktur Organisasi maka Pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan Pimpinan Rumah Sakit tidak dirangkap lagi.

§  Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Wahyu Purwaganda MSc.

§  Rumah Sakit Umum Kabupaten Sumedang oleh Dr. H. Noerony Hidayat.

Pada Tahun 1992   kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang yang semula di Jalan Geusan Ulun berpindah ke Jalan Kutamaya No 21 sampai sekarang. Pada bulan Juli 1992 Dr. H. Wahyu Purwaganda, MSc. Dialih tugaskan ke Kantor Wilayah Departemen Kesehatan RI Provinsi Jawa Barat di Bandung dan pimpinan Dinas Kesehatan dipegang oleh Dr. H. Nanang Sutarja.

Pada Tahun 1994 Dr. H. Nanang Sutarja pindah tugas menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dan pimpinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipegang oleh Dr. H. Kunandar Saiman.

Tahun 1999 sampai dengan Tahun 2001 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Triwanda Elan, M.Kes. Tahun 2001 sampai dengan Tahun 2004 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Wan Suwandi S.

Tahun 2004 sampai dengan Tahun 2006 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H Herman Setyono Pongki, M.Kes. Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2008 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Dr. H. Hilman Taufik Ws., M.Kes. Tahun 2009 sampai dengan pertengahan Tahun 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Drg. H. Agus Seksarsyah Rasjidi Mkes.

Tahun 2011 sampai dengan Tahun 2014 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Hj. Retno Ernawati, S.Sos, MM. Tahun 2014 sampai dengan Tahun 2016 dipimpin oleh Drg. H. Agus Seksarsyah Rasjidi Mkes. Diakhir Tahun 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Kembali dipimpin oleh Hj. Retno Ernawati, S.Sos, MM. sampai sekarang.

Berita Terbaru
  • Bagaimana kualitas informasi pada website ini?

    Sangat Baik

    Baik

    Cukup

    Kurang

    Kurang Sekali